17 June 2010

Reading Means Borrowing

pagi ini gak kayak pagi pagi sebelumnya. iya, gw bangun jauh lebih cepat. gak tau kenapa, sepertinya gw langsung ingin menyalakan PC dan membuat satu tulisan diblog ini (atau,daripada) membuka situs jejaring sosial lain, yang tentunya lebih sering gw buka dari pada BLOG ini.

kenapa bisa bangun sepagi ini pun masih membuat gw heran. hal seperti ini gak bisa gw lakuin dirutinitas gw yang biasanya. Di makassar, gw pasti lebih memilih untuk bangun siang, bermalas-malasan diatas kasur, bahkan menolak diri untuk membuka mata dan berusaha tidur kembali, singkatnya : gw menghindari segala macam bentuk kegiatan perkuliahan yang gak pernah gw anggap penting. pada dasarnya gw gak pernah menganggap kuliah-kuliah itu adalah sesuatu yang tidak penting. tapi tidak tau mengapa? perkuliahan semester ini seperti pembunuh rasa rajin, yang 5 semester sebelumnya tidak gw rasakan.

bisa berada dirumah orang tua di Bekasi adalah suatu keberuntungan. kenapa beruntung, karena ini notabene bisa disebut sebagai liburan. gw merasa terhibur bisa pulang kerumah dan lepas dari rutinitas perkuliahan yang datar dan biasa-biasa aja belakangan ini. tapi seperti biasanya, gw selalu punya motivasi baru ketika harus kembali berkuliah nantinya.

BLOG. kenapa blog ? jujur gw termasuk orang-orang yang mengkonsumsi dunia maya secara berlebihan. siapa yang bisa menghindar dari situs jejaring sosial yang semakin merebak dan lain sebagainya. tapi terkadang, gw lebih suka membuka blog orang lain, dan membaca tulisan yang mereka posting secara berkala. mereka yang rajin menulis, entah hal-hal pribadi atau bukan secara berkala selalu membuat gw tertarik. apalagi kalau tulisan yang mereka sajikan related sama kehidupan gw. semisal, mereka menulis tentang diri mereka sendiri, mereka adalah orang yang gw kenal tentunya, maka gw akan suka terhadap tulisan itu. gw suka ketika seseorang bisa mendeskripsikan diri mereka secara baik, sesuai dengan apa yang juga gw ketahui secara tidak langsung. gw suka, ketika mereka mendeskripsikan apa yang mereka suka atau tidak mereka sukai. gw suka, ketika mereka mengungkapkan perasaan meraka terhadap sesuatu, entah pacar, ayah, ibu, teman, sahabat, atau sekalipun orang yang mereka baru temui di jalan sepulang kuliah atau berkegiatan.
gw mulai bisa membedakan tulisan-tulisan mereka dari kebiasaan yang mereka lakukan. ya, bagi orang-orang yang gw kenal tentunya. orang-orang yang dekat dengan kehidupan gw. tapi orang-orang yang gak gw kenal, gw bisa tau ketika mereka mulai menggunakan perbendaharaan kata yang jauh berbeda atau formal. gw suka ketika mereka menulis flow kehidupan mereka dalam sebuah blog. jujur, genre-genre penulis blog bisa kita search di Google. tapi gw bukan orang yang mau langsung melengkapi pengetahuan yang gw dapat dengan mengkonsumsi bahan bacaan (dari internet). gw mungkin tipe-tipe orang yang lebih suka melihat lalu memperhatikan, bukan terus membaca.
belakangan gw tersadar, gw SANGAT KURANG MEMBACA. dalam hal ini membaca tulisan atau artikel panjang, sekalipun buku, handout, materi kuliah, diktat atau bahan bacaan berat lainnya. sebenarnya mungkin tidak berat, tapi yaa. . .rasa malas yang gw punya jauh lebih berat daripada keinginan gw untuk membaca.
gw paham, bahwa gw menyukai tulisan-tulisan yang tadi gw sebutin related dengan kehidupan gw. yang isinya beberapa persen gw kenal, jadi sebenarnya gak susah untuk membaca. tapi diluar itu semua, semua macam jenis buku atau tulisan tetap penting untuk dibaca secara BERKALA, dan dijadikan sebagai RUTINITAS sebisa mungkin.
setelah belakangan membaca blog dari orang-orang yang gw kenal dan tau. gw menjadi mengerti !
ketika kita sering mengkonsumsi bahan bacaan, kita pasti akan lebih gampang menulis, atau menuangkan pikiran, ide, maupun gagasan-gagasan kita dalam sebuah tulisan. kalau cuma pengalaman, pengalaman, pengalaman yang dituliskan, tanpa ada referensi bacaan, tulisan akan terasa hambar.
gw suka ketika seseorang menuliskan sebuah Quote ketika memulai tulisan mereka. gw suka ketika mereka mengulang-ngulang bait tulisan mereka dengan isi yang berbeda. dan gw sangat suka ketika seseorang menulis dengan menggunakan kata-kata ilmiah untuk mencerminkan buah pikir mereka. Luar biasa !

sekarang. gw tau kenapa selama ini, gw selalu punya passion untuk menulis dan menulis, tapi gw gak pernah mau ikut worshop penulisan sekalipun MEMBACA. jelaslah sudah terkadang ketika memulai sebuah tulisan lalu gw akan pusing sebenarnya apa yang akan gw tulis. beberapa saat sebelum menulis seperti semua ide ada didalam otak gw, tapi beberapa saat kemudian ketika sudah mengetik diatas keyboard lalu musnah dan menguap lahhh apa yang sudah gw pikirkan. HAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHA !

beruntunglah kalian yang suka membaca, koran, buku, artikel, komik sekalipun, dan amat sangat beruntunglah kalian yang bisa menulis bahan bacaan hingga bisa dikonsumsi oleh orang lain dan dijadikan bahan tulisan dan lalu dibaca oleh orang lain dan menjadi bahan tulisan dan begitu seterusnya.

"If there's a book you really want to read but it hasn't been written yet, then you must write it."  ~Toni Morrison

"Always read something that will make you look good if you die in the middle of it."  ~P.J. O'Rourke


Let books be your dining table,

And you shall be full of delights
Let them be your mattress
And you shall sleep restful nights.
~Author Unknown



"Books let us into their souls and lay open to us the secrets of our own." ~William Hazlitt

"Books - the best antidote against the marsh-gas of boredom and vacuity."

"In reading, a lonely quiet concert is given to our minds; all our mental faculties will be present in this symphonic exaltation."

"There is a wonder in reading Braille that the sighted will never know:  to touch words and have them touch you back."  ~Jim Fiebig

No comments:

Post a Comment

reply soon :