01 May 2014

Coretan 9

Assalamualaikum....

Today is May Day.
Selamat Hari Buruh.
Dan,
Selamat Hari Libur Nasional.


Yang mau gue bahas kali ini agak-agak personal. Tapi gak personal banget juga sih.
Karena ini bulan Mei which is bulan kelahiran gue, dan karena beberapa hari lagi gue akan berumur seperempat abad, So, gue berniat untuk mengingat kembali kira-kira apa aja pencapaian gue selama ini.



24 tahun ini? Udah ngapain aja?
Banyak hal? Pasti lah ya....
Punya orang tua super. Dilahirkan dikeluarga baik-baik yang sayangnya sangat amat. Dapet basic needs yang lumayan. Disekolahkan sampai bisa lulus dari perguruan tinggi. Dapat pekerjaan tetap dan salary yang OK. Mampu bayar asuransi untuk diri sendiri. Bisa apply credit card dan bayar tagihan bulanannya. Punya investasi reksa dana atau emas. Ikutan main valas. Punya bisnis wirausaha sendiri atau join usaha sama sahabat deket. Atau udah mampu nyicil kendaraan sendiri atau bahkan tanah atau bahkan beserta rumah dan furniture nya. Mungkin?
Atau hal lain yang menyenangkan, kayak misalnya..
Udah beberapa kali travelling keluar negeri atau explore daerah-daerah di Indonesia yang belum pernah sama sekali didatengin pake tabungan sendiri atau fully disupport kantor karena kerjaan. Bisa beli barang-barang yang kita mau(padahal gak butuh banget). Rutin ikutan arisan sana-sini sambil begaul. Atau apapun itu, hobby mahal yang kita suka, untuk kesenangan semata, yang totally gak ngerepotin orang lain???


Dari beberapa artikel yang pernah gue baca dan berdasarkan pengalaman sendiri, berada dimasa 20something itu adalah masa terproduktif dari umat manusia. Bahkan belakangan ini, kalo mau dilihat, banyak banget malah anak-anak muda under 20 yang udah mulai melakukan hal-hal positif dikehidupan mereka, baik tujuannya adalah mendapatkan profit ataupun tidak. Luar biasa.

Kalo 24 tahun dan sudah melakukan hal-hal diatas seperti yang gue sebutin. Kira-kira beberapa tahun kedepan harus ngapain lagi? Harus semakin meningkatkah? Atau bagaimana?
Hehehe....
Meningkat ya haruslah, tapi 'meningkat' itu relatif lah ya, 'meningkat' pada tiap-tiap orang pasti beda-beda. Sejauh itu adalah hal positif atau lebih, ya bisalah dikategorikan peningkatan.

Pada intinya, ketika ada dimasa produktif, ya kita harus maksimal. Up and down pasti ada. Semua orang pasti merasakan hal itu. Yang mungkin membuat kita berbeda satu dan lain adalah tujuan atau target apa yang mau kita raih? Dan gimana caranya?
Belakangan gue sadar, tujuan atau target yang mau dicapai itu gak semata-mata adalah materi. Tapi segala sesuatu itu  butuh materi. Dapet lah ya apa korelasinya daripada gue bahas panjang kali lebar.

Jadi, ketika menjalani masa produktif untuk melakukan investasi untuk tujuan atau target kita dimasa depan, gak boleh lupa lah kalo ada yang namanya akhirat.
Baguslah kalo beberapa tahun kedepan masih bisa kita rasain untuk ngeraih tujuan-tujuan dan target hidup, kalo enggak? hmmmm......

Bagi gue, ambisius selama kita hidup itu sangattttttttttttttttttttlah wajar. Tapi harus diinget bahwa kita bakal metong juga nantinya.
Makanya selama hidup, selain investasi materi, investasi pengetahuan dan iman itu penting! Penting selayaknya lo makan tiap hari supaya gak laper. hehe

Apalah yang gue bahas kali ini. Mungkin gue kena "Syndrome Seperempat Abad" (?) Hahaha..
Yah..pada akhirnya, ketika umur bertambah sewajarnya kualitas hidup juga harus seperti itu, termasuk pencapaian-pencapaian didalamnya. Siapa sih yang gak mau perfect life? Walapun mustahil, semua orang pasti pengen hidup bahagia, at last.

happiness lies in the joy of achievement and the thrill of creative effort. 

Be grateful and remember God. Cheers :')

Wassalam

No comments:

Post a Comment

reply soon :