01 November 2015

Apakah Likopen Itu ???

Belakangan kalo mau pergi kemana-mana gue lebih suka memanfaatkan kendaraan umum. Ya, dari mulai naik angkot, krl commuter line, metromini, taksi ataupun ojek. Apalagi sekarang lagi happening nih apps yang memudahkan kita untuk bisa mengorder secara personal salah satu angkutan umum yang ingin kita naiki, seperti Gojek, grabtaxi, dsbg.

Terbantu kah? Iya banget sih menurut gue. Untuk apps seperti Gojek contohnya, selain lebih efisien, yang utama adalah gue suka sesuatu yang sistematik, jadi lebih teratur gitu lah. Order ojek hari gini bisa dimana aja, kapan aja, asalkan gadget lo kompetibel dan ada jaringan internet. Warbiyasahhh
Gue gak mempermasalahkan bagaimana perhitungan biaya/tariff yang mereka berlakukan, tapi yang jelas gue suka dengan pemanfaatan teknologi yang seperti ini. Begitu juga dengan banyak orang lainnya, sepertinya. Gue rasa banyak orang yang gak mempermasalahkan soal tariff, asalkan mereka dapat pelayanan secara personal untuk hal yang sesimple mesen-ojek-buat-ke-suatu-tempat-tanpa-harus-repot-nunggu-dipinggir-jalan-atau-nawar2-harga-belum-lagi-digodain-sama-mas2-nya-dulu. He he



Terlepas dari itu gue tau resiko naik kendaraan umum adalah harus rela terkena paparan sinar matahari dan polusi. Kayaknya biarpun bawa kendaraan pribadi resiko kayak gini udah jadi makanan sehari2 warga jakarta dan sekitarnya lah ya. Secara tingkat polusi udara di negara kita juga tinggi menjulang yah dibanding negara berkembang lain, jadi kita harus2 banget hati2.

Khawatir dengan radikal bebas yang mungkin tertinggal dibadan setiap beraktifitas luar tiap hari, gue mulai concern nih sama hal ini. Tau kan bahaya radikal bebas buat tubuh? gangguan pernapasan, penglihatan, kulit bahkan yang paling nakutin yaitu bisa memicu kanker. Nah...dari sekarang jangan males konsumsi buah dan sayuran. Karena seperti yang kita tau, buah dan sayuran banyak mengandung senyawa positif yang baik untuk tubuh dan bisa menangkal radikal bebas.

*Random banget sih gue, tadi bahas ojek, sekarang koq buah dan sayur ????? Hahaha

Salah satu diantara buah dan sayuran yang baik dikonsumsi adalah buah dengan senyawa anti-oksidan paling tinggi, contohnya Tomat.
Tomat? iya'. Kenapa? karena tomat merupakan buah yang mengandung senyawa anti-oksidan bernama Likopen atau lycopene bahasa kerennya, yang menurut penelitian memiliki sifat anti-oksidan yang lebih baik daripada Vitamin-C.
Mau tubuh tetap sehat, kulit tetap ok dan kinclong, dan terhindar dari bahaya radikal bebas? konsumsilah Tomat secara rutin.

Apakah Likopen Itu ????, gue gak akan jelasin secara ilmiah panjang lebar disini, karena gue juga gak tau secara detail, tapi gue akan share beberapa manfaat likopen hasil browsing gue di engkong Google, yang diantaranya :

  1. Likopen baik untuk mengurangi resiko kanker paru-paru, perut, usus besar dan payudara.
  2. Likopen juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah arteri, oleh sebab itu likopen baik dikonsumsi untuk mengurangi resiko sakit jantung, apalahi sakit jantung yang disebabkan oleh penebalan pembuluh darah arteri.
  3. Likopen dapat membantu mengurangi peradangan pada prostat, katarak pada mata dan peradangan pada gusi.
  4. Likopen juga bagus dikonsumsi oleh kaum laki-laki karena konsumsi secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma.
  5. Dan untuk perempuan, likopen baik dikonsumsi untuk mencerahkan kulit dan mencegah sunburn (kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari langsung).
Kurang lebih seperti ituhhh...

Menurut yang gue baca juga, konsumsi produk olahan tomat seperti pasta, sup tomat dan jus tomat malah lebih memberikan kandungan likopen yang jauh lebih banyak daripada konsumsi tomat mentahan. Kenapa? karena kadar likopen memang akan meningkat pada tomat yang terkena panas atau matang karena dimasak terlebih dahulu. Konsumsi tomat dalam keadaan mentah hanya akan meberikan manfaat vitamin dan serat, ketika dipanaskan pun vitamin dan serat tsb akan hilang dan berganti dengan likopen yang baik dikonsumsi tubuh. Dibanding dengan menggunakan air, penyerapan likopen dalam tubuh akan lebih terbantu apabila kita konsumsi dengan minyak alami, seperti olive oil atau virgin coconut oil yang juga sama baiknya untuk kesehatan kita.

Nah...masih bingung untuk milah-milih buah dan sayuran yang kaya Likopen untuk anti-oksidan dan penangkal radikal bebas?? Mungkin Tomat bisa jadi pilihan yang Ok.





Semoga bermanfaat,

Cheers :')


No comments:

Post a Comment

I'll reply soon :