22 February 2011

sedikit berbagi

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari hari yang buruk, malam yang buruk, saat yang buruk, teman yang jahat dan tetangga yang jahat pada tempat tinggal tepatku. Amin"  


"Selalu mengisi waktu dengan kebaikan dan bersahabat dengan orang shaleh, itulah perjuangan."


Gak salah kalo terkadang kita dapat atau didekatkan sama orang-orang yang salah atau menurut kita agak kurang pas atau cocok dengan kehidupan kita.
Allah selalu punya rencana baik untuk setiap ummat Nya termasuk ketika Dia mendekatkan kita dengan orang-orang disekitar, supaya kita tau dan belajar.


Ketika lalu orang yang menurut kita tidak pas dengan kehidupan kita itu menyakiti hati kita maka itu bukan sebuah kesalahan.Selalu tidak ada yang salah, tidak kita, dia, waktu atau keadaan. Terkadang kita harus sadar bahwa itu hanyalah pelajaran, bentuk ujian dari Allah.


Jalani segala sesuatu dengan pas dan tidak berlebihan atau ngotot, mulai sesuatu (pertemanan) dengan niat baik, dan ikhlas. Jika lalu merasa tersakiti, jangan menolak atau bahkan menyesal. Karena awalnya itu adalah hal yang kita pilih dan inginkan.


Dengan bijaklah menyikapi kenangan yang mungkin akan timbul setelah itu, (baik atau buruknya), karena tekadang, kenangan bisa mengaburkan pikiran jernih kita, bisa membuat kita lupa dan lalu terbawa perasaan.


Allah memberikan kita cobaan yang tidak lebih dari apa yang mampu kita hadapi, termasuk lewat sebuah pertemanan. Sekalipun terasa berat.
Hendaklah kita pintar memberikan pengertian, termasuk kepada diri kita sendiri. Dan lalu belajarlah dari kesalahan-kesalahan yang pernah ada.
Positifnya, salah itu wajar, salah itu tidak selamanya buruk, kesalahan itu membuat kita kuat, dan kesalahan itu yang membuat kita menjadi tau, apa itu kebaikan.

No comments:

Post a Comment

I'll reply soon :