28 May 2012

Pantesan uring-uringannn

Assalamualaikum....

Apa kabarnya semua ?..
Kondisi tubuh gue lagi gak ok nih. Gue lagi mengalami pra menstruasi syndrome sepertinya.
Pas perjalanan gue menuju kantor pagi tadi, karena dilanda kebosenan akut menghadapi macet yang gak kunjung berurai (-_-!) apasih bahasanya, gue seperti biasa menikmatinya dengan ng-BB. Apalah yang bisa lo lakuin dengan BB lo? Gue sih, favorit banget bolak-balik bukain twitter. Di timeline gue pagi ini, keluhan tentang macet berbanding lurus sama yang update-update semangat pagi. Yahh..lumayan bikin stabil lah. Secara gue orangnya alhamdulillah positive banget ya, jadinya yang ngeluh macet gue skippppppp, gue RT RT-in aja yang semangat-semangat, cukuplah juga gue ngerasain realnya itu macet, tambah lagi dari timeline, yakaleeee...
Nah....pas lagi update info via twit tadi pagi, gue liat satu info dari seorang senior jaman kuliah, dia ng-RT twit info dari @detikcom "Makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang Haid". Ok ! gue RT, dan sampe kantor baru gue baca baik-baik.
Isi link nya kira-kira seperti ini :


Setiap bulan kita pasti sering ngalamin nyeri atau kram perut yang disebabin oleh siklus menstruasi/haid bulanan kita. Nyeri atau kram perut itu punya potensi makin parah kalo kita salah milih menu makanan. Nah, penyebab paling umumnya kenapa kita sering ngalamin kram perut itu adalah 'prostaglandin', yaitu bahan kimia dalam tubuh kita, yang mengatur ketegangan otot kita secara alamiah.

Kita juga harus ngebatasin konsumsi makanan yang tinggi kadar gula sama garamnya supaya bisa ngurangin  perasaan kembung diperut dan perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Selain itu juga, salah satu hal paling gampang dan penting yang bisa kita lakuin adalah meningkatkan aktivitas.

Berikut, beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari saat sedang menstruasi, seperti dilansir Livestrong Senin (28/05/2012):
1. Coklat,
sebaiknya kita hindari kafein yang terkandung dalam coklat, teh, soda dan kopi selama siklus menstruasi. Kafein bisa nyempitin pembuluh darah dan ngebuat tubuh kita dehidrasi, hal ini bisa menyebabkan sakit kepala dan rasa gelisah selama kita menstruasi.
2. Produk Susu,
susu mengandung asam arachadonic yang bisa meningkatkan zat prostaglandin dalam tubuh, zat ini direspon oleh rahim dengan menyebabkan kram atau kejang.
Makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat ngehambat pelepasan zat ini, jadi perbanyak konsumsi ikan salmon, kenari atau biji rami untuk ngurangin perasaan kram dan nyeri perut.
3. Makanan Olahan,
ngurangin asupan garam dan natrium akan mengurangi retensi air dan kembung diperut kita. Hindari juga daging kaleng, olahan keju, saos botol dan MSG (penyedap rasa), serta makanan dalam bungkusan yang mengandung natrium 200mg atau lebih per porsi nya.
4. Gorengan,
Makanan tinggi lemak, seperti daging, susu penuh lemak, gorengan dan minyak yang gampang meningkatkan kadar estrrogen. Perubahan estrogen bisa menyebabkan perubahan rahim yang dramatis yang menimbulkan kram dan nyeri pada perut.

Nahhhhhhh.......setelah gue inget-inget lagi nih ya, ke 4 jenis makanan yang gak boleh dikonsumsi saat haid/pra menstruasi itu entah kenapa adalah makanan-makanan yang sering gue pengenin dan konsumsi beberapa hari belakangan ini. zzzzzzz -_______-
Pantesan aja badan jadi gak enak gini, perut melilit jadi sering bolak-balik toilet, perasaan bawaannya uring-uringan gak jelas gak tau kenapa.
Ternyata bener adanya, bahwa kondisi tubuh saat atau sebelum haid itu juga bisa berubah atau bertambah parah akibat sesuatu yang kita konsumsi, seperti makanan-makanan enak yang gue jelasin diatas.
Wah.....setelah tau kayak gini, gak lagi-lagi deh konsumsi jenis makanan diatas selama siklus bulanan lagi dateng >,<

Yah..olah raga dan aktivitas luar ruangan emang paling bagus untuk tubuh pas siklus bulanan kayak gini, emang sih pasti mager banget, tapi gak ada salahnya deh, dari pada nyeri dan kram perut gak berkesudahan gini.

Ok. Semoga info dari gue bermanfaat ya... ^_^


Wassalamualaikum

Cheers :')

No comments:

Post a Comment

I'll reply soon :