09 May 2012

bohong = malapetaka !

Assalamualaikum..

Hallo semua..saudara-saudari sebangsa dan setanah air blog..
semoga lo semua dinaungi kesehatan dan hal-hal baik lainnya...

sesungguhnya kebohongan itu mendatangkan malapetaka ! *percaya lah..*

sesuai dengan apa yang menjadi judul postingan gue kali ini, bahwasanya gue menuangkan hal ini kedalam tulisan karena gue pribadi sudah amat sering me nga la mi nya....!!! (kata-kata terakhir itu bacanya agak didramatisasi dikit ya)

hehehe.....

berikut ini gue, gue meng-copy paste definisi kata 'bohong' dari artikata.com :


Definisi 'bohong'
Indonesian to Indonesian
adjective
1. 1 tidak sesuai dng hal (keadaan dsb) yg sebenarnya; dusta: kabar itu -- belaka; ia berkata --; 2 cak bukan yg sebenarnya; palsu (biasanya mengenai permainan):uang --; lotre --; ber·bo·hong v menyatakan sesuatu yg tidak benar; berbuat bohong; berdusta:jangan coba-coba -, nanti pasti ketahuan;
mem·bo·hong v mengatakan sesuatu yg tidak benar kpd;
mem·bo·hongi v berbohong kpd; mendustai: sudah kerap kali dia -ku;
mem·bo·hong·kan v 1 menyatakan (mengatakan, meng anggap) bohong: ia - kabar itu dan menganggapnya sbg fitnah belaka2 menyangkal; mengingkari:tertuduh - semua keterangan saksi;
bo·hong-bo·hong·an n bukan yg sebenarnya (tt permainan);
pem·bo·hong n 1 orang yg suka membohong; 2 suka membohong (berbohong);
ke·bo·hong·an n perihal bohong; sesuatu yg bohong: -nya suatu ketika akan ketahuan juga
source: kbbi3

ok..
bohong itu kepalsuan, dusta, sesuatu yang sebenarnya ga terjadi, sesuatu yg diada-adakan begitulah..
untuk apa berbohong ? apa gunanya membohongi ? kenapa kita suka melakukan kebohongan; dlsbg ?
kenapa ?
kadang kita bohong secara tidak terencana dan terpaksa..kadang juga kebohongan datang secara terencana, sudah dipikirkan sebelumnya (untuk melakukan kebohongan) atau malah kita yang dibohongi oleh orang lain dengan motif seperti kebohongan yang pernah kita buat..

kalo dipikir-pikir kebohongan itu sudah merajalela..*meraja'gue' dong ya?? meraja'lela' (˘_˘'!)*
hahaha..intinya.. bohong itu sudah seperti kebiasaan kita.. bahkan ga sedikit yang hidup dengan kebohongan.. kasian yah?? kalo yang seperti itu berarti rumusnya "hidup = bohong" dong? *derita bener*

menurut pengalaman gue.. bohong itu sungguh tidak bisa dibenarkan.. walopun ya, jujur, gue sering sekali melakukan kebohongan.. serinnnggggggg sekali.. sehari ga bohong bagi gue itu adalah kehampaan, hahaha becanda deng..
dalam beberapa hal terkadang gue suka melakukan kebohongan, untuk tujuan-tujuan tertentu juga..
karena setiap kebohongan pasti punya tujuan..
yang gue rasakan setelah berbohong adalah..perasaan aman dan nyaman..tapi.. sifatnya sesaat banget.. selanjutnya setelah yang sesaat itu.. gue akan merasa "sesat"....menyesatkan diri sendiri lebih tepatnya
(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

berbohong itu adalah hal yang salah.. lo pasti tau kenapa itu salah..
dan, ketika melakukan hal salah, lo pasti tau apa konsekuensinya..
kalo lo orang yang beragama, lo tau ada banyak malaikat yang mencatat kesalahan-kesalahan lo.. kalo lo ga punya agama?? yah..anggaplah alam ini tau bahwa lo telah berlaku salah..
kesalahan dari kebohongan yang lo perbuat itu sudah jelas pasti barang tentu akan diakumulasi..ditimbang-timbang..dan menghasilkan suatu hasil..
hasil apakah itu? hasil itu bernama.... malapetaka !
kalo ada dari lo yang ga setuju dan mikir "Gue pernah koq bohong..tapi ga pernah dapat malapetaka.." maka lo beruntung..dan jangan pikir, bahwa malapetaka yang ga pernah datang itu adalah hasil dari kebohongan yang pernah lo lakuin.. karena sebenarnya ketidakmalapetakaan yang datang pada diri lo itu adalah rezeki yang dihasilkan dari perbuatan baik lo..bukan 'kebohongan' lo.
jadi bisa dipastikan, malapetaka itu bisa datang dilain waktu..kalo lo masih tetap berbohong..dan berlaku salah.. bisa dibayangkan ketika timbunan salah lo sudah menggunung? malapetaka macam apa yang datang pada diri lo ? X_x naudzubillah..
kesannya gue sok tau banget gitu ya...tapi ya, gue cuma pengen sharing dan mengingatkan aja..barangkali ada dari lo yang baca tulisan gue ini suka atau punya kecenderungan seperti itu..
daripada nunggu-nunggu kapan malapetaka datang, atau nguji-nguji ilmu lo, "ah...gue masih selamat-selamat ini koq..padahal gue sering banget bohong !" busettt deh..mending berbuat baik lah..dan kikis sedikit demi sedikit kesalahan yang menggunung itu supaya gak ada malapetaka yang datang menghampiri..

gue sedang melakukan itu saat ini..dan moga-moga bisa setiap hari sepanjang hidup gw yang baru 3hari lalu menginjak angka 23 tahun..
gue mau meminimalisir kebohongan..sekecil apapun.. termasuk, hal-hal 'berbohong demi kebaikan'... apaaaaa cobaaaaa ? mana ada bohong demi kebaikan, ya okelah kalo tujuan baik, mungkin sama dengan berbuat salah untuk tujuan baik.. tapi tetep aja itu "bohong"..dan itu salah..

belakangan ini..sebelum gue menginjak umur 23tahun.. banyak sekali kejadian yang mungkin berasal dari pusaran malapetaka yang gue hasilkan dari salah dan hal-hal bohong yang pernah gue lakuin kemarin, kemarin, kemarin dulu, dulu, dulunya lagi..
banyak hal yang ngebuka mata gue, bahwa ada Dzat yang maha adil yang maha berkehendak, dan terus mengingatkan gue bahwa sejauh apa gue melangkah dalam kehidupan gue ini.. salah atau benarkah apa yang gue lakuin selama ini ??
dan akhirnya gue sadar akan satu hal..kalo selama ini memang gue seringgggg sekali melakukan kebohongan.. bukan hanya membohongi orang lain, tapi juga membohongi diri sendiri..

yang membuat gue bisa berpikir, bahwa kejujuran itu mahal sekali harganya.. kejujuran itu ga kalah beresiko dari kebohongan tetapi sungguh-sungguh mendamaikan, menenangkan..

dipikir-pikir..kasian juga si 'bohong' ini... kita berbohong untuk tidak jujur, bohong untuk menutupi yang sebenarnya baik.. tapi yah..bohong tercipta untuk hal-hal itu.. kita ga bisa jujur kalo mungkin kebohongan itu ga ada..karena seperti yang gue bilang sebelumnya.. ga semua bisa jujur dan terbuka sepenuhnya tentang segala sesuatu didunia ini..

intinya..berhati-hati lah dengan sikap dan perbuatan kita.. sebisa mungkin jauhi kebohongan, hal-hal membohongi, pembohongan dan yang sejenis.. TERMASUK.. orang-orang yang suka menceritakan hal-hal bohong atau orang-orang yang menceritakan kebohongannya ke orang lain pada diri lo,  itu juga perlu dihindari, setidaknya kurangi lah.. karena kalo memang lo orang baik tapi masih juga dapat malapetaka, itu berarti malapetaka yang lo hasilkan dari bergaul dengan orang-orang macam tadi.. ya.. malapetaka yang seharusnya mereka terima juga kita rasakan karena kita bergaul dekat dengan orang itu dan tau apa kesalahan mereka...

yaahhh. gue udah 23tahun.. maunya bisa jadi better person.. ga kayak kemarin-kemarin.. harus berubah kearah positif sebenarnya..
saling mendoakan untuk kebaikan lah ya.. semoga kalian-kalian yang baca postingan gue mau turut mendoakan gue.. hihi insyaAllah jauh dari malapetaka, aamiin...

yuk ah...

Wassalamualaikum..


Cheers :')

No comments:

Post a Comment

I'll reply soon :