19 May 2012

pelajaran berharga dari misi khusus

Assalamualaikum..

Hari rabu yang lalu, tepatnya tanggal 16/05/2012, gue menjalani sebuah misi khusus mendatangi sebuah lokasi didaerah jakarta selatan. Secara hampir 5tahun tinggal di kota Makassar, gue totally ga begitu hafal tempat-tempat, daerah, apalagi nama jalan di Ibukota Jakarta yang amat sangat crowded dan penuh sesak ini. Berhubung rumah orang tua gue berada didaerah pinggiran yaitu Bekasi city dan dari jaman kapan tau memang keluarga gue ga pernah punya kendaraan pribadi kecuali sepeda, maka gue pikir cara paling gampang untuk menjalani misi khusus itu adalah dengan menaiki moda trasportasi paling happening saat ini, yaitu : BUSWAY TRANSJAKARTA, selain biaya yang terjangkau, saat ini busway transjakarta sudah melayani puluhan jalur dengan ratusan halte pemberhentian yang pada tahun 2012 ini sudah terbagi atas kurang lebih 11koridor layanan, dan 4koridor lagi yang dalam tahap pembangunan (kalo ga salah). Luar biasa kan ?
mungkin biasa aja sih..tapi bagi gue hal ini luar biasa, karena gue lumayan sangat terbantu dengan hal ini.

route map koridor 11
Rumah gue di bekasi barat, berbatasan langsung dengan kota jakarta timur, jaraknya kira-kira 3-4km lah. Pada bulan november 2011 lalu, gue masih sempet menikmati pembangunan koridor busway yang paling baru, koridor 11 yang melayani rute kampung melayu - pulo gebang, impact pembangunannya apalagi kalo ga bikin macet jalanan, karena jalur yang diperuntukkan untuk busway ngambil kurang lebih setengah badan jalan. Tapi terlepas dari hal itu, saat ini gue udah bisa menggunakan layanan koridor tersebut.


plang pembangunan depan mall klender
liat penampakannya ngambil 1/2 badan jalan
koridor 11 cakep ya? iyalahhh baru jadi

Jadi hari itu......gue memulai perjalanan misi khusus dari shelter flyover klender dengan estimasi waktu 2jam sampai tiba dilokasi tujuan, shelter menara jamsostek. Perjalanan dari shelter flyover klender ditempuh sangat mulus kurang dari 30menit sampai di shelter kp.melayu, transit, dan gue pindah busway koridor berapa ga tau, menuju shelter matraman1 kira-kira 15menit, transit pindah matraman2, lanjut koridor berapa ga tau lagi, menuju shelter dukuh atas2, nah...mimpi buruk dimulai....perjalanan dari matraman2 menuju dukuh atas2 itu harusnya bisa hanya 30menit, tapi 'macet diseputaran daerah manggarai' berkehendak lain....walhasil perjalanan menjadi kurang lebih 1jam15 menit...secara estimasi waktu gue, habislah sudah TETTTT TOOTTTTT !!!! dengan sabar dan terus berpikiran positif gue berinisiatif menghubungi beberapa orang untuk menjelaskan hal tersebut dan meminta pendapat, sekiranya ada solusi dari hal yang gue alami ini..tapiiiiiiiiii......yang ada hanya "sabar aja..jakarta biasa kale macet begitu.." bzzzzzztttt --__-- "naik ojek ??? behh..masih jauh kale..lu bawa duit ga??" tambah bzzzzztttt --__-- dan seterusnya... tapi lalu bagian dari misi yang sedang gue jalani itu memaklumi dan memberi semangat "gapapa..hati-hati..." nyessssssss...rasanya langsung adem, karena sudah dimaklumi, tapi tetep ada yang ganjel dihati ini kalo ga on time padahal udah usaha..yah maklum baru dari desa, ga pernah sadar dan ngalami yang macem begini --"
oke..setelah itu, sampailah gue di shelter dukuh atas2, harap-harap cemas, busway entah koridor berapa ga tau lagi, menuju shelter kuningan timur, kurang lebih 40menit, transit, pindah shelter kuningan barat dan lanjut menuju shleter akhir tujuan menara jamsostek 15menit.. -_________________- jalan 200m dan sampailah gue di lokasi misi khusus berlangsung dengan kecapean, tenggorokan kering, pegel dan sebagainya..estimasi waktu kelebihan 1jam15menit karena macet !!!
Ya Rabb..apa dosa hamba mu???? :((((
Setelah perjalanan misi khusus yang berwarna hingga tiba, di lokasi tujuan segala sesuatunya berjalan dengan mulussss Alhamdulillah..segala sesuatu berjalan sesuai dengan harapan.
Dan gue dapat pelajaran amat berharga.. Udah tau rumah diujung berung jauhnya, kalo punya urusan ditengah kota jakarta, kudu punya perencanaan perjalanan yang baik, waktu perjalanan yang ditempuh dengan public transportation tersohor macem busway harus ekstra sabar dan lincah, dan lain waktu untuk jaga-jaga, perjalanan ketempat yang sama berarti harus dikasih penambahan waktu kurang lebih 1jam - 1jam30menit. Antisipasi dijalan macet ga manusiawi lagi..
Percaya atau ga, perjalanan pulang gue kerumah jauh lebih berwarna dan amat sangat tidak manusiawi lebih dari perjalanan pergi yang gue ceritain sebelumnya.. Jauh lebih siallllllll...! Mengingat jam pulang gue hanya berselisih 1jam dari jam pulang orang kantoran..dan keesokan harinya adalah hari libur.. Yahhhh selamattttt....gue ga sanggup ngetik tiap detil sampe gue nginjek kaki dirumah lagi dihari yang sama, yang kalo ga salah 30menit setelahnya adalah hari baru -_-"
pegel coyy..
Yah..sekian deh..semoga berkesan, berkesan capek nya..

Oya untuk pengaduan dan berita-berita terkait busway transjakarta bisa klik, trus yang mau akses koridor dan rute busway bisa klik.

future map 15koridor

Wassalamualaikum..

Cheers :')

No comments:

Post a Comment

I'll reply soon :